Situs Kunjungan : Mt. Nebbo - Yordania

Gunung Nebo
Yordania


Gunung Nebo adalah sebuah gunung dis ebelah Barat Yordania.  Gunung Nerbo dalam bahasa Arab : جبل نيبو. Jabal Nibu. Dalam bahsa Ibrani : הַר נְבוֹ.  Har Nevo, adalah punggungan  dengan tinggi  817 meter (2.680 kaki) di atas permukaan laut, Dari puncak gunung ke arah utara pada radius tertentu, walaupun dengan pandangan yang terbatas, dapat memperlihatkan panorama  Sungai Yordan. Tepi Barat kota Yerikho dan juga Yerusalem.

Menurut Alkitab, Musa juga mati dan dikuburkan di tanah Moab di tentangan Bet-Peor, dan tidak ada orang yang tahu kuburnya sampai hari ini. [Baca juga: Ulangan 34:5-6].  Tradisi Yahudi dan Kristen pecaya  Musa dikuburkan di gunung ini oleh Allah sendiri, sedangkan tempat peristirahatannya yang terakhir juga tidak diketahui.
Hal lain tentang lokasi ini, dikatakan juga oleh Makabe, bahwa Nabi Yeremia menyembunyikan Tabernakel dan Tabut Perjanjian di sebuah gua di atas gunung ini.

Pada titik tertinggi dari gunung ini kita dapat melihat sisa-sisa rerutuhan sebuah gereja dan biara yang ditemukan pada tahun 1933. Gereja ini diperkirakan pertama kali dibangun pada pertengahan abad ke-4 dan di dedikasikan untuk Musa. Desain gereja mengikuti pola khas basilika, diperbesar pada abad akhir ke-5 dan dibangun kembali pada tahun 597. Gereja pertama kali disebutkan dalam catatan sebuah ziarah yang dibuat oleh seorang wanita Aetheria pada tahun 394. Enam buah makam terbuat dari batu alam yang dilubangi, dan lantai yang terbuat dari mozaik telah ditemukan di dalam gereja pertama.

Pada titik ketinggian ini pula tepat di belakang Brazen Serpent Monument, patung tongkat salib dan ular tembaga, ke arah utara jika dalam cuaca terang dan tidak berkabut kita dapat menyaksikan panorama Sungai Yordan, Tepi Barat kota Yerikho, dan juga Yerusalem.
Saat ini komplek dimana gereja pertama ditemukan, dibangun sebuah gereja modern tepat diatas reruntuhan gereja tersebut. Komplek gereja saat ini juga berfungsi sebagai biara Fransiskan yang sekaligus adalah pusat Institut Arkeologi Fransiskan.


Catatan:
Untuk informasi lebih lengkap kunjungi website kami di http://www/shalomholyland.com lalu, jika Anda memiliki kerinduan, kesempatan, dan kekuatan, datang dan saksikanlah sendiri tanah perjanjian Tuhan, Yerusalem dan sekitarnya (Tanah dimana Tuhan Yesus pernah dilahirkan, melayani dan mati bagi Anda dan saya) Lihatlah apakah janji-janji-Nya masih dinyatakan sampai hari ini?. Berdoalah untuk memperoleh bimbingan Tuhan, agar pintu hati dan iman Anda dibukakan-Nya. Tentu shalomholyland.comm berkenan mengantar Anda ke tanah penjanjian-Nya. Bersama-sama kita akan belajar dan mengetahui bahwa janji Tuhan itu tetap untuk selama-lamanya, "Sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.". 

In His Service, 
shalomholyland.comm
Hot-line : +6282112333359 atau +6287882400456