Situs Kunjungan : Moses Memorial Church - Yordania

Moses Memorial Church dibangun pada abad ke-4
Moses Memorial Church - Yordania
Moses Memorial Church. Tepat berdiri di puncak Gunung Nebo, yang didedikasikan kepada Musa dan merupakan salah satu tempat suci Kristen dan  Yahudi yang dihormati di Yordania. di gunung inilah Nabi Musa di perlihatkan kepada Tanah Perjanjian, tetapi dia sendiri tidak dapat masuk ke dalamnya. “lalu Tuhan memperlihatkan kepadanya seluruh negeri itu: daerah Gilead sampai ke kota Dan,  seluruh Naftali, tanah Efraim dan Manasye, seluruh tanah Yehuda sampai laut sebelah barat,  Tanah Negeb dan lembah Yordan, lembah Yerikho,  kota pohon korma itu, sampai Zoar”. [Ulangan 34: 1b-3]. Gereja ini dibangun diatas reruntuhan gereja pertama yang ditemukan dan berasal dari peninggalan zaman Bizantium.

Pada musim panas tahun 1933, penggalian di Syagha, salah satu puncak tertinggi Gunung Nebo, dimulai di bawah arahan para Tetua Jerusalemite Fransiskan. Tiga penggalian arkeologi  sebelumnya menghasilkan penemuan Basilika dan sebuah biara besar, yang saat itu berkembang sampai abad ke-6.

Gereja pertama Gunung Nebo dibangun pada pertengahan abad  ke-4 untuk memperingati tempat peristirahatan Musa.  Bagunan gereja pertama ini memiliki tiga bagian yang menonjol setengah bundar (apse) dan didahului oleh ruang depan yang lantainya dihiasi dengan mosaik putih polos, dua kapel pemakaman berada di utara dan selatan sisi apse tersebut.

Enam kuburan terbuat dari batu alam yang dilubangi juga ditemukan,  lantai gereja dihiasi mosaic, dimana dalam ruangan pastoran ini kita masih dapat melihat sisa-sisa lantai mosaik dari periode yang berbeda-beda. yang menandakan gereja telah beberapa kali dibongkar, diperbaiki, diperluas dan dibangun kembali. Jika kita sedikit mudur ke masa-masa dimana perubahan-perubahan  tersebut dilakukan maka kita akan memperoleh beberapa informasi tentang gereja ini yang disampaikan sebagaimana dibawah ini.

Ruang Baptistery Diaconicon Lama, dimana dalam gereja ini terdapat tiga bagian yang lebih menonjol berbentuk setengah lingkaran yang didahului oleh halaman depan. Pada bulan Agustus tahun 531  sebuah Baptistery Diaconicon dibangun di sebelah utara halaman berhadapan  dengan salah satu kapel pemakaman, dapat dicapai melalui tangga, karena tempat itu satu meter lebih rendah dari lantai halamannya.


Catatan:
Untuk informasi lebih lengkap kunjungi website kami di http://www/shalomholyland.com lalu, jika Anda memiliki kerinduan, kesempatan, dan kekuatan, datang dan saksikanlah sendiri tanah perjanjian Tuhan, Yerusalem dan sekitarnya (Tanah dimana Tuhan Yesus pernah dilahirkan, melayani dan mati bagi Anda dan saya) Lihatlah apakah janji-janji-Nya masih dinyatakan sampai hari ini?. Berdoalah untuk memperoleh bimbingan Tuhan, agar pintu hati dan iman Anda dibukakan-Nya. Tentu shalomholyland.comm berkenan mengantar Anda ke tanah penjanjian-Nya. Bersama-sama kita akan belajar dan mengetahui bahwa janji Tuhan itu tetap untuk selama-lamanya, "Sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.".

In His Service, 
shalomholyland.comm
Hot-line : +6282112333359 atau +6287882400456
Email : shalomholyland@yahoo.com